KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEBAGAI PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK MA CITRA CENDEKIA

Media MACICEN РDalam proses Pendidikan secara garis besar terdapat tiga jenis kegiatan yang dilakukan, yakni kegiatan intakurikuler yakni segala kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah sesuai dengan struktur program kurikulum yang berlaku untuk menggapai tujuan minimal tiap pelajaran, kemudian kegiatah kokurikuler dilaksanakan melalui penugasan terstruktur terkait satu atau lebih dari muatan atau mata pelajaran. Kegiatan kokurikuler dimaksudkan untuk lebih memahami materi pengajaran yang telah dipelajari pada kegiatan intrakurikuler di kelas, serta kegiatan ekstrakurikuler yakni kegiatan yang dilaksanakan sekolah sebagai wadah bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya selama di sekolah. Dalam teknisnya ekstrakurikuler juga merupakan kegiatan non-pelajaran yang memberikan solusi bagi siswa untuk meningkatkan peminatan mereka ke berbagai bidang yang mereka inginkan.

Pengembangan Potensi Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Tarian Saman Salah Satu Kegiatan Ekstrakurikuler di MA Citra Cendekia

Kegiatan Ekstrakurikuler

Pada kesempatan ini kita akan membahas lebih dalam mengenai salah satu jenis kegiatan di atas yakni kegiatan ekstrakurikuler. Banyak hal yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Mulai dari kegiatan pembentukan fisik dengan berolahraga, pembinaan kreativitas berolah rasa dengan kesenian dan keterampilan, pembangunan dan pengembangan mentalitas peserta didik melalui kegiatan olahraga, kesenian dan kegiatan lain sejenisnya.

Menurut Aqib dan Sujak (2011:68), terdapat empat fungsi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, yaitu: pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.

  1. Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
  2. Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
  3. Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rilex, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
  4. Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

Ekstrakurikuler di MA Citra Cendekia

Di Macicen sendiri sejak awal masuk peserta didik akan melalui proses asessmen untuk mengetahui profile minat, bakat dan kemampuannya melalui serangkaian tes yang dilakukan. Semua data tersebut akan menjadi dasar untuk proses selanjutnya agar tenaga pendidik menjalankan semua proses Pendidikan peserta didik atas dasar data tersebut, hal ini beririgan dengan tujuan pemerintah pada kurikulum terbaru yakni kurikulum merdeka dimana setiap peserta didik diberikan keleluasaan untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai dengan kebutuhan lingkungan belajarnya. Data minta dan bakat tersebut akan dijadikan dasar untuk peserta didik bereksplorasi untuk semakin mempertajam minat, bakat dan kemampuannya selama proses pendidikan sehingga terciptanya insan yang mahir sesuai dengan kondisi minat, bakat dan kemampuannya. Salah satu eksplorasi yang dilakukan selain melalui kegiatan pada intrakurikuler dan kokurikuler macicen juga terus berupaya mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan peserta didik, intinya semua kegiatan yang dilakukan baik itu berupa kegiatan intrakurikuler, kokurikuler sampai ekstrakurikuler saling terintegrasi dengan satu tujuan data data pokok yang sama .

Untuk itu saat ini Madrasah Aliyah Citra Cendekia sendiri membuka sedikitnya 8 jenis  ekstrakulikuler yang menjadi pilihan peserta didik untuk meningkatkan serta menumbuh kembangkan potensi atau bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler ini, 8 ekstrakulikuler tersebut diantaranya:

  1. Badminton: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang olahraga badminton
  2. Basket: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang olahraga basket
  3. Futsal: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang olahraga Futsal
  4. Dance Club: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang seni tari
  5. Scienterrefic: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang science dan mempersiapkan siswa untuk bisa mampu berkompetisi pada kompetisi-kompetisi dibidang science
  6. E-Sport: untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang electronic sport
  7. Musik: : untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik dibidang seni musik
  8. SPRA ( Student Public Relation Agent ) : untuk melatih dan meningkatkan skill peserta didik di bidang komunikasi dan design visual

Madrasah Aliyah Citra Cendekia selalu berusaha untuk bisa memaksimalkan proses yang dilakukan dalam setiap tahapannya agar dapat menngoptimalkan kualitas lulusan

Madrasah aliyah citra cendekia

Jl. Moh. Kahfi 1 No.44, RT.1/RW.2, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Telp : +62217873542
Whatsapp : +62 878-8790-2505
Email : ma.citracendekia@gmail.com

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum,
Ada yang bisa kami bantu?