Akademik
yang sakit, dengan itu rumah sakit harus selalu dalam keadaan bersih, tapi masih saja ada mikroorganisme yang tumbuh pada dinding rumah sakit seperti S. aureus (46,15%), S. epidermidis (7,69%), Gaffkya tetragena (38,46%), Bacillus sp. (23,08%), Pseudomonas sp. (53,85%), E. coli (7,69%), dan Aspergilus sp. (30,77%). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan penambahan optimal nano silver yang ditambahkan dalam cat untuk menghasilkan aktivitas antibakteri dengan menggunakan metode yang mengacu pada proses pembuatan cat dengan cara manual. Metode yang dilakukan untuk pembuatan cat adalah mencampurkan bahan-bahan hingga menjadi homogen dan terdispersi dengan baik menggungakan hand bland. Adapun hasil penelitian ini dari uji waktu kering berkisar antara rentang waktu 185-1006 detik. Hasil dari uji daya tutup berkisar antara 8-8,9 m2/L. Hasil dari uji pH pada cat berkisar antara 8-8,3. Kemudian hasil uji antibakteri yang menunjukkan zona hambat bakteri ialah pada konsentrasi dengan nano silver 1000 ppm dalam 100 mL dan biosida 0,5% dengan konsentrasi penambahan nano silver sebanyak 10 ppm, 30 ppm, 50 ppm tidak dapat dihitung diameter zona bening karena menghasilkan zona bening yang sangat besar, dan penambahan nano silver sebanyak 70 ppm menghasilkan zona bening dengan diameter 36 mm. Maka dapat disimpulkan bahwa cat yang telah dihasilkan memenuhi standar SNI yang ada, dan penambahan bahan aditif nano silver dengan konsentrasi 1000 ppm dalam 100 mL dapat dibuktikan sebagai antibakteri dan biosida juga dapat membantu sebagai penghambat bakteri.
kata kunci : rumah sakit, nano silver, cat dinding
Sebanyak 45% peternak ikan air tawar di Indonesia, mulai beralih ke teknik bioflok untuk membudidayakan lele. Teknik bioflok mampu memberikan hasil produksi 20 kali lipat (2.000 ekor/m3) dibandingkan teknik konvensional (100 ekor/m3). Namun faktanya sistem bioflok ini masih dianggap rumit dan aspek keahlian masih menjadi kendala, serta masalah pemberian pakan, penanggulangan penyakit, dan pengontrolan kualitas air menjadi faktor kegagalan panen yang merugikan petani ikan. Melihat permasalahan ini terutama masalah kontrol air peneliti merancang sebuah alat yang diberi nama FIFA sebagai alat pendeteksi dan penyaring flok otomatis. Dengan menggunakan sensor TDS dan filter air untuk memudahkan petani mengetahui kondisi Total Dissolve Solid (TDS), ketika kondisi TDS tinggi, maka alat dapat mengatur dan menyaring air secara otomatis. Untuk memastikan kinerja FIFA berjalan dengan baik peneliti melakukan pengujian meliputi pengujian sistem kalibrasi alat, pengujian karakteristik sensor, pengujian keakuratan sensor dan uji performa meliputi pengujian sistem pompa otomatis dan uji filter. Uji kalibrasi alat menunjukan hasil nilai error yang terukur pada pengukuran nilai TDS adalah 0,423% dan rata-rata standar deviasinya adalah 0,507682. Uji performa pompa dapat mengeluarkan air menuju filter dan filter mampu menyaring air secara otomatis, sehingga nilai TDS dalam kolam ikan lele dapat terkontrol. FIFA mampu mengurangi nilai TDS sebesar 16 ppm pada setiap 1 menit 4 detik. Berdasarkan hasil pengujian ini, dapat disimpulkan bahwa prototipe FIFA telah berhasil dibuat dan diuji.
Kata Kunci: Ikan Lele, Bioflok, Filter Otomatis, Sensor TDS, FIFA
Dengan adanya perkembangan teknologi, media sosial yang semakin pesat ini membuat penggunanya semakin ketergantungan untuk menggunakan media sosial. hal ini menjadikan masyarakat sering menggunakan media sosial secara terus menerus, membuat interaksi sosialnya berkurang. dan dapat mempengaruhi dampak positif dan dampak negatif bagi pengguna (Fahlevi Roma Doni 2017). Masalah untuk penelitian ini adalah banyak anak usia 7-12 tahun telah menggunakan media sosial sehingga kurangnya untuk berinteraksi di lingkungan sosial mereka. Solusi yang peneliti gunakan adalah permainan ular tangga yang dimodifikasi oleh peneliti sendiri. kaitan antara masalah dan solusi yang peneliti ambil adalah anak usia 7-12 tahun lebih sering menggunakan media sosial dibanding interaksi sosial. lalu dengan adanya permainan ular tangga, peneliti harap permainan ini membuat para anak usia tersebut lebih banyak berinteraksi dibandingkan menggunakan media sosial mereka. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti melakukan wawancara sebanyak 2 kali yaitu wawancara pra bermain dan wawancara pasca bermain. Dari ide penelitian ini, sudah ada beberapa penelitian yang meneliti masalah dan ide tersebut. Hasil dari penelitian ini anak yang berusia 7-12 tahun bahwa sudah mulai meningkatnya interaksi mereka dengan memainkan Snali Board Games ini. Saat permainan dilaksanakan responden banyak berbicara dengan kesesama responden.
Keywords : Media sosial, Interaksi social, Ular Tangga
Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang banyak ditumbuhi tumbuhan. Salah satu dari tumbuhan tersebut adalah kelapa (Cocos Nucifera). Pohon kelapa adalah tanaman dengan banyak sekali manfaat. Air kelapa merupakan salah satu bagian dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan. Walaupun air kelapa punya banyak manfaat bagi tubuh, namun belum banyak orang memanfaatkan air kelapa. Air kelapa berpotensi untuk menjadi minuman isotonik karena memiliki elektrolit yang tinggi di dalamnya. Teh kombucha merupakan teh yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, contoh kandungan yang terdapat pada teh kombucha adalah vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B12 (sianokobalamin), vitamin C. Namun teh kombucha belum dikenal luas masyarakat. Campuran air kelapa dan teh kombucha berpotensi membuat minuman isotonik yang punya lebih banyak kandungan dan manfaat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik kandungan minuman isotonik berbahan baku air kelapa dan teh kombucha. Penelitian ini dilakukan dengan pembuatan teh kombucha dilanjutkan dengan pembuatan minuman isotonik dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal. Campuran air kelapa dan teh kombucha dibuat dengan beberapa formulasi. Dilakukan beberapa uji kandungan seperti uji elektrolit larutan, kadar abu, vitamin c, dan derajat keasaman. Hasil pengujian menunjukan kadar abu dan pH cococha memenuhi syarat SNI. Sedangkan pengujian elektrolit larutan menunjukan hasil yang mirip dengan salah satu minuman isotonik kemasan. Pengujian vitamin c menunjukan cococha memiliki vitamin c.
Kata kunci: Air kelapa, teh kombucha, minuman isotonik.
Permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran masih terjadi di MA Citra Cendekia, kerap kali peserta didik merasa bosan dengan suasana kelas saat proses pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik mudah mengantuk di kelas. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kahoot dan quizizz terhadap pembelajaran lebih menyenangkan di MA Citra Cendekia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti memberikan angket kepada para sampel untuk pengumpulan data. Hasil data yang didapatkan diuji menggunakan metode uji R sehingga didapatkan hasil uji korelasi antara variabel x1 dan y1 sebesar 0,651 dan hasil uji korelasi antara variabel x2 dan y2 sebesar 0,626. Dapat disimpulkan berdasarkan kriteria perhitungan jika nilai uji korelasi > 0,5 – 0,75, maka dikatakan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan kahoot dan quizizz terhadap proses pembelajaran lebih menyenangkan di MA Citra Cendekia.
Kata kunci : kahoot, quizizz, belajar menyenangkan.
Di zaman modern ini, kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam
kehidupan masyarakat dunia. Salah satu hal yang bisa membantu menjaga kesehatan adalah tidur. Seperti kebutuhan dasar lainnya, tidur juga memiliki beberapa masalah yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas tidur tersebut. Salah satu gangguan tidur yang paling sering dijumpai saat ini yaitu Insomnia. Di era digital saat ini diperlukan sarana informasi yang dapat dipercaya dan mudah diakses oleh siapa saja. Dengan dibuatnya informasi mengenai insomnia pada aplikasi mobile, masyarakat jadi lebih mudah mengetahui informasi mengenai solusi dan cara mencegah insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi informasi dan identifikasi terkait insomnia. Penelitian ini dilakukan dengan metode purwarupa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi E’Sleep sudah bisa dikatakan layak dan praktis dalam penggunaanya dengan sedikit revisi.
Kata kunci : Insomnia, Aplikasi Mobile, E’SLEEP