Matematika dan Ilmu Alam

Diperuntukan bagi ...

yang memiliki logika sistematis, analisis yang kuat, dan kemampuan spasial. Program MIA akan cocok untuk kamu yang mempunyai ide-ide inovasi untuk mempermudah kehidupan dengan teknologi.

Mencari siswa yang ...

gemar berhitung, rajin berlatih, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, berminat pada teknologi, dan tahan banting.

Untuk Menjadi ...

seorang peneliti, dokter, insinyur, programmer, botanis, ahli kimia, arsitektur, dan lainnya.

FAKTA

Science without religion is lame, religion without science is blind.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Hubungi Kami

Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai seputar Madrasah Aliyah Citra Cendekia, Kami siap membantu Anda.

Minat Bergabung ?

Kami memiliki beberapa rangkaian ujian masuk dan administrasi yang harus dilengkapi sebelum Anda dapat bergabung bersama Kami. Tapi, jika Anda sudah yakin dengan MA Citra Cendekia, Kami siap membantu Anda.

Berita MACICEN Terkini

Kami memiliki beberapa berita seputar kegiatan MA Citra Cendekia yang dapat Anda baca. Anda dapat melihatnya pada kolom di bawah ini.

PENJELASAN PROGRAM MIA

MIA (Matematika dan Ilmu Alam) merupakan perubahan nama dari jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Secara umum, tidak ada perubahan yang mendasar dari jurusan IPA, hanya saja pada program MIA ada penambahan mata pelajaran sejarah peminatan dan penambahan jam pelajaran pada mata pelajaran khusus peminatan ilmu alam. Mata pelajaran peminatan ilmu alam diantaranya : 

Matematika

Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika.

Fisika

Fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. 

Biologi

Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Objek penelitian biologi adalah berbagai macam bentuk dan perwujudan kehidupan, keadaan dan hukum yang mengatur fenomena tersebut, serta penyebabnya.

Kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.

Kualitas

Keluarga

Disiplin

Jujur