Ilmu-Ilmu Sosial

Diperuntukan bagi ...

yang memiliki kepekaan jiwa sosial yang tinggi, humanis, rasa emosi yang kuat, ingin aktif dalam masyarakat. Program IIS akan cocok untuk kamu yang mempunyai ide-ide cemerlang untuk memperbaiki kehidupan sosial masyarakat di lingkungan sekitarmu.

Mencari siswa yang ...

update masalah sosial kekinian, gemar membaca koran, suka aktivitas sosial di masyarakat, dapat berhitung, dan kuat mental.

Untuk Menjadi ...

seorang pengusaha, manager, ahli ekonomi, pengacara, psikologi, sosiolog, hakim, akuntan, bankir dan lainnya.

IMPIAN

A journey of a thousand miles must begin with a single step.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Hubungi Kami

Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai seputar Madrasah Aliyah Citra Cendekia, Kami siap membantu Anda.

Minat Bergabung ?

Kami memiliki beberapa rangkaian ujian masuk dan administrasi yang harus dilengkapi sebelum Anda dapat bergabung bersama Kami. Tapi, jika Anda sudah yakin dengan MA Citra Cendekia, Kami siap membantu Anda.

Berita MACICEN Terkini

Kami memiliki beberapa berita seputar kegiatan MA Citra Cendekia yang dapat Anda baca. Anda dapat melihatnya pada kolom di bawah ini.

PENJELASAN PROGRAM IIS

IIS (Ilmu-Ilmu Sosial) merupakan perubahan nama dari jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang diberlakukan pada kurikulum 2013. Secara umum, tidak ada perubahan yang mendasar dari jurusan IPS, hanya saja pada program IIS ada penambahan mata pelajaran sejarah peminatan dan penambahan jam pelajaran pada mata pelajaran khusus peminatan sosial. Mata pelajaran peminatan sosial diantaranya :

Sosiologi

Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok di lingkungan masyarakat. Misalnya seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut.

Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Geografi lebih dari sekadar kartografi, studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa, dan di mana di atas muka bumi, tapi juga mengapa di situ, dan tidak di tempat lainnya, kadang diartikan dengan “lokasi pada ruang.” Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.

Sejarah

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Beberapa bagian ekonomi yang berupa ilmu terapan seperti produksi, distribusi, perdagangan, dan konsumsi juga dibahas dalam ilmu lain seperti ilmu teknik, manajemen, administrasi bisnis, sains terapan, dan keuangan. Ada banyak sektor dalam ekonomi, yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga sektor utama yaitu sektor primer, sektor sekunder, dan, dan sektor tersier.

Kualitas

Keluarga

Disiplin

Jujur