Bulan Pemahaman "Insomnia, Mata Pusing & Pegal, Benarkah Karena Gadget?"

Fenomena Insomnia, Mata Pegal & Pusing, kerap kali menjadi gejala yang ditemui pada beberapa orang termasuk peserta didik di masa pandemi ini. Di satu sisi, intensitas pemakaian gadget meningkat ketika mengisi waktu di rumah dengan beragam kegiatan seperti pembelajaran virtual, menonton film secara terus-menerus, berselancar di media sosial dalam waktu lama, dan aktivitas lain di depan layar gadget.

 

Melalui program Bulan Pemahaman, MA Citra Cendekia berupaya mencari tahu relevansi dua hal tersebut secara ilmiah dengan mengangkat tema: "Insomnia, Mata Pusing & Pegal, Benarkah Karena Gadget?" dengan menghadirkan pemateri dokter muda, Chyntia Ramadhanti S. Ked. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom pada Sabtu, 12 September 2020 dan diikuti seluruh peserta didik MA Citra Cendekia.

 

Dalam paparannya, Chyntia menjelaskan apabila terlalu lama di depan layar gadget akan mengalami Computer Vision Syndrome karena terlalu lama di depan layar sehingga membuat nyeri pada leher dan mata. Terlebih ketika bermain gadget menjelang tidur memiliki dampak yang membuat seseorang semakin sulit tidur karena secara ilmiah pancaran blue light dari layar gadget akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur sehingga membuat Insomnia.

 

Beberapa tips yang diberikan Chyntia Ramadhanti S. Ked supaya penggunaan gadget tidak membuat Insomnia, Mata Pusing & Pegal antara lain: tetap jaga jarak antara mata dan layar gadget, atur waktu bermain gadget supaya tidak terlalu lama dengan melakukan 20-20-20 yakni istirahat setiap 20 menit dan melihat objek benda sejauh 20 meter (6 kaki) saat mata mulai pusing, lalu membiasakan diri untuk tidak main gadget menjelang tidur, dan memakan makanan bergizi untuk kesehatan mata.

 

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran bagi peserta didik untuk memperhatikan kesehatan dan menggunakan gadget secukupnya di masa pandemi ini.